Mesjid Istiqlal Bikin Paket Iktikaf VVIP di 10 Hari Terakhir Ramadhon, Jemaah Bisa Akomodasi Lebih Nyaman

Bukan lagi isu baru bahwa Mesjid Istiqlal Jakarta sudah jadi salah satu destinasi untuk jemaah menjalankan iktikaf di 10 hari terakhir Ramadhon. Demi mengakomodasi keperluan jemaah mereka yang bervariasi, mesjid peraih penghargaan Green Mosque pertama di dunia itu menginisiasi paket iktikaf, termasuk yang VVIP.

Kepala Bidang Peribadatan Mesjid Istiqlal (Plt Ketua Harian BPMI) Buchari Sail Attahiry, mengatakan bahwa ini dulunya tidak dibatasi secara khusus. \\\”Tetapi, sesudah memandang tampaknya perlu diorganisasi, kami bikin namanya iktikaf VVIP supaya terkelola dengan bagus,\\\” katanya di acara weekly press breafing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara hybrid, Senin, 18 Maret 2024.

Dia melanjutkan, VVIP iktikaf sudah berjalan selama empat tahun. \\\”Dikala ini, (tetap) ada itikaf yang bebas tanpa mendaftar. Tetapi, apabila yang VVIP ini wajib daftar dan nantinya kami akan minta data pribadinya (jemaah),\\\” ia menambahkan.

Nantinya, (selama iktikaf) kami sbobet88 login akan perhatikan sekali sahur dan buka puasanya. Kemudian, ada juga rencana-rencana, seperti pidato-pidato, termasuk qiyamul lail sebagai yang utama,\\\” beber KH. Buchari. \\\”Kami juga berikan tahsin dan kajian.\\\”

Pihaknya juga menyediakan ruang khusus laki-laki dan perempuan secara terpisah. Ruangan ini, ia melanjutkan, juga bisa dipakai menyimpan barang ataupun istirahat sejenak. \\\”Aman, karena ada security yang jaga,\\\” ia menjamin.

Dia menyebut bahwa peminat paket iktikaf di Mesjid Istiqlal \\\”betul-betul banyak.\\\” \\\”Tahun lalu, kami buka sampai 400 orang, tetapi peminatnya itu sampai ribuan,\\\” sebutnya.

Pilihan Akomodasi Lebih Nyaman

Jamaah VVIP akan meniru keseluruhan kesibukan Mesjid Istiqlal, ditambah sarana akomodasi yang lebih nyaman. Pasalnya, Badan Pengelola Mesjid Istiqlal (BPMI) Mesjid Istiqlal sudah berprofesi sama dengan Hotel Borobudur.

Atas kerja sama ini, Director of Marketing Communication Hotel Borobudur Jakarta, Karina Eva Poetry, mengaku betul-betul giat. \\\”Ditambah bulan ini, kami tepat berulang tahun ke-50. Jadi, Ramadan dan Maret ini istimewa sekali bagi kami,\\\” tuturnya di peluang yang sama.

Menambah kenyamanan para jemaah, pihaknya menambahkan layanan fasilitas infrastuktur dengan mengaktifkan beberapa pintu-pintu hotel yang tadinya tidak aktif. Ini untuk memudahkan jemaah mengakses jalan menuju Mesjid Istiqlal ke hotel ataupun sebaiknya.

Kami berupaya terus berkomunikasi dengan pihak-pihak sekitar Hotel Borobudur untuk menyokong program-program (relevan), sehingga bisa berpengaruh positif,\\\” ia menambahkan.

Menimpali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyebut, \\\”Aku berharap mengajak hotel-hotel lain yang yaitu member PHRI di sekitar Mesjid Istiqlal untuk berpartisipasi memfasilitasi akomodasi bagi para jemaah supaya bisa memberi layanan yang terbaik.\\\”

Destinasi Wisata Religi

Menparekraf menyambung, pihaknya akan terus menyokong Majid Istiqlal jadi destinasi tamasya religi nomor satu di Indonesia. Kepala Bidang Ria\\\’yah BPMI sekalian Ketua Panitia Amaliyah Ramadhon BPMI, Ismail Cawidu mengatakan bahwa secara formal, pihaknya mendapatkan antara lima ribu sampai enam ribu wisatawan dalam sebulan.

\\\”Kami berikan pakaian khusus untuk menutup aurat mereka, seperti jubah, dan itu kami kekurangan sebetulnya,\\\” kata ia.

Sementara itu, jemaah yang datang untuk berbuka puasa di Ramadan tahun ini tercatat antara 4.000–5.000 orang pada Senin sampai Kamis. \\\”Lalu, di akhir pekan itu bisa sampai delapan ribu. Mereka tidak cuma dari Jakarta, tetapi semua Indonesia,\\\” sebutnya.

Jelang 10 hari terakhir (Ramadan), (lazimnya) semakin banyak jemaah yang datang dari daerah. Aku kaprah potensi pariwisatanya luar umum sekali,\\\” sebut Ismail. Narasi ini bahkan diaminkan Direktur Bisnis Istiqlal Global Fund, Ahsanul Haq.

Ahsanul membeberkan, potensi Mesjid Istiqlal salah satunya datang dari lahannya yang berada di \\\”ring 1\\\” seluas hampir 13 hektare. \\\”Dengan coverage area cuma 40 persen, ruang terbuka tentu betul-betul besar,\\\” kata ia \\\”Itu bisa jadi venue yang mempertemukan semua stakeholders yang sedang beribadah.\\\”