Apa Itu Investasi ? , Wajib Tau Jenis dan Contohnya Disini

Salah satu hal yang penting dalam mengelola keuangan adalah menyisihkan pendapatan untuk investasi. investasi sendiri merupakan sebuah kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapatkan keuntungan atau imbal hasil di masa depan. Investasi sendiri merupakan aktivitas menempatkan dana atau aset berharga lainnya pada instrumen tertentu dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dari penempatan dana tersebut di harapkan menghasilkan return. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Orang yang melakukan investasi adalah di sebut investor atau penanam modal. Di kutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, pengertian investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan. Sementara itu, mengutip sbobet88 laman Investopedia, investasi adalah membeli aset atau barang dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau peningkatan nilai dari aset tersebut. Ketika seorang individu membeli barang sebagai investasi, tujuannya bukan untuk mengkonsumsi barang tersebut, melainkan untuk menggunakannya di masa depan. Suatu investasi selalu menyangkut pengeluaran sejumlah modal hari ini mulai dari waktu, tenaga, uang, atau aset dengan harapan hasil yang lebih besar di masa depan. Jadi, secara sederhana, pengertian investasi adalah mengembangkan uang atau aset lain supaya memberikan keuntungan di masa mendatang untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tertentu yang di maksud seperti keinginan membuka usaha, menikah, menyekolahkan anak, membangun rumah, kebutuhan pension dan sebagainya. Walau begitu, tujuan dari investasi bukan untuk menjadikan seorang investor cepat kaya. Karena menjalani investasi adalah harus di sertai dengan kesabaran dan komitmen kuat serta tetap tenang saat pasar berfluktuasi.

Jenis Investasi

Berdasarkan jangka waktunya, jenis investasi ada dua yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Namun, pengertian investasi adalah lebih sering di artikan dengan penanaman modal jangka panjang. Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang di lakukan dalam periode waktu yang relatif pendek. Biasanya, keuntungan dari investasi jangka pendek adalah di harapkan bisa terwujud setidaknya dalam kurun waktu satu hingga 3 tahun. Karena jangka waktunya pendek, imbal hasil dari investasi jangka pendek tentu saja lebih kecil. Contohnya obligasi jangka pendek, pasar saham, sertifikat deposito. Sedangkan investasi jangka panjang adalah investasi yang membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya para investor baru dapat menikmati hasil dari investasinya adalah minimal dalam lima tahun hingga puluhan tahun mendatang. Imbal hasil dari investasi jangka panjang tentu akan lebih besar di bandingkan investasi jangka pendek. Contoh dari investasi jangka panjang adalah pembelian tanah, investasi saham, reksadana dan investasi emas.

Contoh Investasi

Banyak jenis investasi yang bisa jadi pilihan. Mulai dari yang risikonya relatif rendah hingga tinggi. Berikut contohnya:
  • Saham: saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal, maka pihak tersebut mempunyai klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.
  • Obligasi (Surat Utang): obligasi adalah salah satu efek yang tercatat di bursa. Obligasi sendiri biasanya di terbitkan oleh korporasi maupun negara. Obligasi bisa di kelompokkan sebagai efek bersifat utang di samping sukuk.
  • Reksadana: Reksadana adalah jenis investasi yang cocok investor pemula. Secara sederhana, reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi (MI).
Itulah pengertian, jenis, serta contoh dari investasi yang harus kalian tahu. Semoga bermanfaat.