Terbongkar Panggilan Khusus untuk Putri Kim Jong Un

Media pemerintah Korea Utara pada Sabtu (16/3/2024) menyebut putri Kim Jong Un sebagai \\\”orang hebat yang memberikan bimbingan\\\”. Istilah tersebut, kata para analis, biasanya diterapkan untuk para pemimpin senior dan mengisyaratkan statusnya sebagai calon penerus.

Laporan sah Kantor Info Sentra Korea (KCNA) versi bahasa Inggris dan Korea mengenai kunjungan Kim Jong Un dan putrinya ke lahan pertanian rumah kaca menerapkan format jamak dari gelar tersebut, sehingga memperlihatkan bahwa istilah tersebut berlaku untuk keduanya.

Para tokoh besar pembimbing, bersama kader-kader partai, pemerintah, dan militer, berkeliling di pertanian,\\\” demikian mahjong ways suara laporan berbahasa Inggris, yang dilengkapi dengan gambar keduanya, seperti diinfokan VOA Indonesia, Selasa (19/3).

Para analis menuturkan ini yakni pertama kalinya putri Kim Jong Un ditunjukkan seperti itu oleh Korea Utara. Media Pemerintah Korea Utara pun tak pernah menyebut nama putri Kim Jong Un, tapi dinas intelijen Korea Selatan mengidentifikasinya sebagai Ju Ae.

\\\”Ini yakni ekspresi pertama dari mengangkat Kim Ju Ae ke jajaran seorang pemimpin,\\\” kata Sentra Moo-jin, presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul kepada AFP.

Direktur Sentra Semenjak Semenanjung Korea di Sejong Institute Cheong Seong-chang menerangkan, \\\”Istilah Korea Utara \\\’hyangdo\\\’ – yang berarti panduan – biasanya hanya diterapkan untuk pemimpin puncak atau penerus rezim yang terisolasi.\\\”

\\\”Tingkat pemujaan pribadi kepada Kim Ju Ae benar-benar memperlihatkan bahwa dia akan menggantikan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara selanjutnya.\\\”

Selimut Misteri Korea Utara

Kim Jong Un, cucu pemimpin pendiri Korea Utara Kim Il Sung dan generasi ketiga keluarga Kim yang memimpin negara itu, menikahi istrinya Ri Sol Ju pada 2009. Ia menurut agen mata-mata Korea Selatan.

Adapun Kim Ju Ae pertama kali dipersembahkan ke dunia oleh media pemerintah Pyongyang pada 2022, saat dia memandu ayahnya meluncurkan rudal balistik antarbenua.

Melainkan saat itu, dia nampak di banyak acara sah ayahnya, termasuk latihan militer, kunjungan ke pabrik senjata, singgah di peternakan ayam, dan parade militer.

Dalam sebuah gambar yang dirilis oleh Korea Utara pada Sabtu, Ju Ae nampak menerapkan teropong untuk memperhatikan latihan pasukan terjun payung baru-baru ini, di mana dia berdiri di samping ayahnya dan pejabat senior militer.

Sebelum tahun 2022, satu-satunya konfirmasi keberadaan Kim Ju Ae datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman. melaksanakan kunjungan ke Korea Utara pada 2013 dan mengklaim bersua dengan bayi perempuan Kim Jong Un yang bernama Kim Ju Ae.

Korea Selatan mulanya mengindikasikan bahwa Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju mempunyai si kecil pertama laki-laki pada tahun 2010, sementara Kim Ju Ae yakni si kecil kedua mereka.

, tahun lalu, menteri unifikasi Korea Selatan mengatakan pihaknya tak bisa memutuskan keberadaan putra Kim Jong Un.