Penguatan Hukum Kripto Jadi Kunci Perdagangan Aman

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai regulator utama aset kripto di Indonesia terus melaksanakan mitigasi untuk menjaga stabilitas dan melindungi investor. Upaya ini mendapat dukungan penuh dari para pelaku industri yang siap berkolaborasi dan berkontribusi aktif.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Blockchain & Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo-ABI) Yudhono Rawis mengungkapkan, pelaku industri betul-betul bersepakat menunjang perkembangan ekosistem aset kripto di Indonesia. Menurutnya, pelaku industri aset kripto di Indonesia melihat inisiatif Bappebti sebagai langkah positif dalam memperkuat ekosistem yang sedang berkembang ini.

Langkah-langkah yang diambil oleh Bappebti, seperti penguatan aturan, peningkatan kompetensi sumber energi manusia, dan optimalisasi ekosistem aset kripto, dianggap sebagai fondasi penting untuk menetapkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan sehat bagi industri,\\\” jelasnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/5/2024).

Para pelaku industri aset kripto di Indonesia https://www.madaboutrh.com/ menampilkan janji kuat untuk menunjang langkah-langkah mitigasi Bappebti, salah satunya memperkuat edukasi dan literasi.

Industri kripto aktif menyelenggarakan edukasi dan literasi bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang aset kripto dan risikonya, seperti program Bulan Literasi Kripto (BLK). Hal ini penting untuk mencegah investasi bodong dan melindungi investor dari pembohongan.

Dukungan dan Langkah Konkret Pelaku Industri
Selain itu, pelaku industri kripto selalu menjalin komunikasi yang erat dengan Bappebti dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dimasa transisi pengontrolan dan pengawasan untuk memberikan masukan dan rekomendasi berkaitan aturan. Kolaborasi ini penting untuk menetapkan aturan yang dijadikan serasi dengan perkembangan industri dan melindungi kepentingan investor.

\\\”Penguatan aturan dan peningkatan literasi aset kripto yaitu kunci untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang aman dan terpercaya bagi segala pihak. Kami juga menunjang temuan dan pengembangan produk-produk aset kripto lokal yang memiliki potensi besar untuk berkontribusi kepada perekonomian nasional. Dukungan kepada koin-koin lokal akan menjadi prioritas utama dalam strategi pengembangan produk,\\\” ungkap Yudho yang juga yaitu CEO Tokocrypto.

Penggunaan KYC dan AML

Para Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) terus meningkatkan keamanan platform mereka untuk mencegah peretasan dan pencurian aset kripto. Penggunaan KYC (Know Your Customer) dan AML (Anti-Money Laundering) yang ketat juga menjadi konsentrasi utama.

Terpenting ketika ini, ada sebagian CPFAK yang sudah menerima surat keanggotaan bursa kripto dan kliring, tengah melaksanakan audit untuk menerima lisensi menjadi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK) dari Bappebti.

Dukungan dan langkah konkret dari para pelaku industri kripto menjadi elemen penting dalam menyukseskan langkah-langkah mitigasi Bappebti. Dengan kolaborasi yang erat antara regulator dan industri, diinginkan industri aset kripto di Indonesia bisa berkembang dengan pesat dan memberikan manfaat bagi segala pihak.

Industri kripto terus berinovasi dengan menghadirkan produk dan layanan baru yang pantas dengan keperluan investor. Hal ini diinginkan bisa meningkatkan ketertarikan masyarakat kepada aset kripto dan menunjang pertumbuhan industri,\\\” pungkas Yudho.