Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Diyakini Menguat

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Diyakini Menguat, Pasar Respons Kemenangan Prabowo-Gibran

Nilai ganti rupiah pada dolar AS pelan-pelan mengalami penguatan, walaupun tetap belum terlepas berasal dari rajazeus kisaran Rp 16 ribu. Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, memprediksi nilai ganti rupiah pada dolar AS hari ini Kamis, 25 April 2024 tetap bakal menguat.

“Mata uang rupiah fluktuatif, namun ditutup menguat di rentang Rp 16.110 – Rp 16.180,” katanya.

Pada akhir perdagangan Rabu kemarin, 24 April 2024, kurs rupiah ditutup menguat 65 poin ke level Rp 16.155 per dolar AS. Sementara pada hari sebelumnya, nilai ganti rupiah ditutup pada level Rp 16.220 per dolar AS.

Ibrahim mengutarakan dua sentimen yang dianggap mempengaruhi nilai ganti rupiah. Pertama, pasar merespons positif penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menolak semua gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum yang diumumkan pada Senin, 22 April 2024. Penolakan gugatan tersebut, kata Ibrahim mengimbuhkan angin segar bagi mata uang rupiah.

“Hal ini terbukti sejak putusan MK pada Senin sampai hari ini, rupiah terpantau secara terus-menerus mengalami penguatan walaupun penguatannya belum di bawah Rp 16.000,” tuturnya.

Sementara itu, Bank Indonesia atau BI menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) ke level 6,25 % pada Rabu, di waktu nilai ganti rupiah tetap anjlok. Keputusan ini diambil untuk memperkuat stabilitas rupiah berasal dari bisa saja memburuknya risiko global. Selain itu, juga sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk menegaskan inflasi selalu didalam sasaran 2,5±1 % pada 2024 sampai 2025.

Ibrahim menambahkan, indeks dolar dan indeks dolar berjangka sedikit bergerak di perdagangan Asia sesudah turun tajam pada Selasa. Pemicunya adalah knowledge indeks manajer pembelian menyatakan kelemahan tak terduga didalam aktivitas bisnis AS.

“Namun, dolar mempertahankan beberapa besar kenaikannya sejauh ini pada bulan April, dikarenakan para pedagang tidak pertimbangkan ekspektasi penurunan suku bunga lebih awal oleh Federal Reserve,” katanya.

Saat ini, kata dia, fokus pasar tertuju pada knowledge ekonomi AS yang bakal segera dirilis. Data product domestik bruto kuartal pertama bakal dirilis pada Kamis. Sementara itu, knowledge indeks harga PCE alat pengukur inflasi pilihan The Fed bakal dirilis pada Jumat.

Data ekonomi AS berpotensi mengimbuhkan lebih banyak panduan mengenai suku bunga. “Indikator-indikator terakhir yang menyatakan inflasi AS yang tinggi mengakibatkan pasar mengabaikan ekspektasi penurunan suku bunga pada bulan Juni.”

TKN Prabowo-Gibran Klaim Siap Kolaborasi untuk RAPBN 2025 Jika Diminta Jokowi

Anggota Dewan Pakar Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo, mengatakan Prabowo dan timnya siap mendukung penyiapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2025 kalau diminta oleh Presiden Jokowi Widodo. Tahun ini adalah pemerintahan transisi di mana Jokowi bakal berakhir jabatannya pada Oktober dan dilanjutkan oleh Prabowo, yang sudah ditetapkan oleh KPU sebagai presiden terpilih pada Pemilu 2024.

Drajad menilai, koordinasi penyiapan RAPBN 2025 merupakan langkah untuk buat persiapan pemerintahan baru sekaligus menyebabkan transisi kebijakan fiskal berlangsung mulus.

“Kewenangan penyusunan RAPBN 2025 sesungguhnya tetap dipegang oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Koordinatornya pasti Menkeu Sri Mulyani,” kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) selanjutnya di dalam pesan tertulisnya kepada Tempo, Rabu, 24 April 2024.

Drajad mengatakan TKN Prabowo-Gibran juga bersedia mendukung Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Bank Indonesia (BI) buat persiapan postur maupun rincian RAPBN 2025.

“Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran sudah buat persiapan program-program pembangunan, bahkan lebih dari satu program selanjutnya merupakan sambungan program pemerintahan Presiden Jokowi,” tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi menggelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 5 April 2024. Rapat selanjutnya tentang pagu indikatif Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2025. Jokowi sudah menghendaki ada komunikasi bersama pemerintahan baru yang bakal dipimpin presiden terpilih 2024-2029.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, usai rapat selanjutnya menyampaikan, Jokowi menghendaki untuk berkomunikasi bersama pemerintahan baru sehingga pada th. pertama dapat melakukan program prioritas yang disampaikan. Sri mengatakan, sebab sifat rancangan ini tetap transisi krusial, pemerintah Jokowi bakal konsisten melakukan penajaman untuk desain dan postur APBN Tahun 2025.

Jokowi bakal mengakhiri masa pemerintahan pada 20 Oktober 2024, sementara Prabowo dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Komisi Pemilihan Umum sudah memutuskan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka-putra Jokowi, sebagai pemenang Pilpres 2024.