Bilang Setan Musuh Allah Itu Salah Kata Gus Baha, Ini Alasannya

Ulama kondang asal Rembang yang populer dengan penampilan yang serba sederhana, KH Ahmad Bahauddin (Gus Baha) mengatakan bahwa pernyataan setan musuh Allah itu salah.
Alumnus Ponpes Al-Anwar Sarang asuhan KH Maemoen Zubeir atau Mbah Moen mengatakan hal ini bukannya tanpa dasar. Dia menyandarkan pendapatnya menurut keterangan para ulama.

Gus Baha memang tersohor memiliki keluasan pengetahuan. Review-ulasan tentang hal-hal yang baru yang jarang diungkap ulama-ulama lain tak jarang mengemuka dalam sebagian kans ceramahnya.

Demikian halnya metode memperkenalkan materi dengan kemasan yang apik. Dengan balutan dalil logika yang gampang dicerna dan humor-numor ringan membikin materi-materi ceramahnya benar-benar bekualitas.

Bukan Musuh Allah Karena Tidak Berimbang

Menurut Gus baha ulama akan https://crossings-restaurant.com/ benar-benar tersinggung saat ada pernyataan bahwa setan itu musuhnya Allah. Karena, hal ini tidak sepadan. Allah Sang Pencipta, sementara setan itu makhluk Allah.

“Makanya ada ulama bila ada yang bilang setan itu musuhnya Allah, ia benar-benar tersinggung,” jelas Gus Baha sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube @Pati_Unus, Sabtu (11/05/2024).

“Setan kok musuhnya Allah, itu otak macam apa yang bilang seperti itu,” sambungnya

Terang tidak level setan itu yang dibuat Allah, bila musuhnya Allah tidak level,” tandasnya.

Pernyataan yang benar itu setan adalam musuh bagi manusia. Karena ini bukan hanya sebagian ulama yang tersinggung, tetapi banyak ulama kata Gus Baha.

“Setan itu musuhmu (manusia), itu baru sepadan, tetapi bukan musuhnya Allah,” terangnya

“Banyak ulama yang tersinggung bila setan itu dianggap musuhnya Allah,” sambungnya.

“Musuhmu ya, tetapi bukan musuhnya Allah karena jelas tidak sepadan,” tandasnya.

Metode Ampuh Lawan Setan

KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) memperkenalkan bahwa ada metode ampuh dalam melawan setan. di antaranya ialah dengan tunduk dan taat kepda Allah swt.

“Metode melawan setan ialah dengan taat terhadap Allah,” jelas Gus Baha dalam video yang diakses oleh NU Online pada Sabtu (11/05/2024) di kanal YouTube Santri Gayeng melalui NU Online.

“Kau mau bersujud dan shalat itu otomatis memposisikan setan sebagai musuh. Karena setan melarang shalat dan bersujud,” imbuhnya dalam video berjudul Gus Baha: Melawan Tipu Kekuatan Setan ini.

Menurut salah satu Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027 ini, sesungguhnya setan itu ialah makhluk Allah yang pengecut.

“Jadi setan itu pengecut. Dia tidak mau masuk neraka sendiri, makanya mencari teman. Jangan mau diajak setan! Pokoknya bila kalian bersujud atau mengaji Jalalain, itu berarti tidak mau,” ungkap Gus Baha’ disambut tawa jamaah.

“Tidak ada makhluk Allah yang takut terhadap Allah melebihi takutnya setan. Karena setan tahu betul kekuatan Allah. Dia tahu betul surga dan neraka itu apa,” tambah Gus Baha.